Muhadhoroh SMP M 11Kegiatan Ekstrakurikuler Muhadhoroh adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang siswa dengan materi yang dipersiapkan khusus sesuai tema apa yang ingin diberikan sesuai kebutuhan audien. Orang yang berpidato, atau disebut dengan orator, biasanya menyampaikan pernyataan tentang suatu hal / peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai.

Yang biasa dilakukan oleh siswa SMP Muhammadiyah 11, adalah setelah pulang sekolah, mulai sekitar pukul 17.00, siswa kelas VII, VIII dan IX yang harinya sudah dijadwalkan secara bergiliran, mulai hari senin – sabtu, mereka sekitar ber 30 anak, maju satu persatu untuk mengisi semacam kuliah tujuh menit (kultum), dan 29 anak lainnya mendengarkan sambil mengantri maju. Dan tidak itu saja, acara pun dikemas seolah sebuah tabliqh seremoni, ada yang berperan sebagai MC atau pembawa acara, adapula yang menjadi Qori’ dan Saritilawah, serta sambutan-sambutan oleh ketua piket hari itu.

Sang KhotibSetelah semua menyampaikan tausiyahnya dan acara ditutup oleh MC, para guru pembina yang piket saat itu, sekitar 4 orang memberikan, penilaian, komentar, kritik, pujian dan motivasi agar peserta tidak mengulangi kesalahan dan menjadi yang lebih baik lagi dari hari ke hari. Kegiatan ini menargetkan agar siswa mampu tampil percaya diri berorasi didepan khalayak, tapi bagi mereka yang belum percaya diri, maka disinilah wadahnya untuk sebanyak-banyak melakukan kesalahan ucap,malu,kaku,tegang,gemetar dan lain-lain. Kelak setelah mereka SMA atau Mahasiswa, bisa dipastikan menjadi sosok Orator Ulung yang sudah minimal salah atau bahkan SEMPURNA.(@)

Pembina Ekskul Muhadhoroh adalah :

Ust. Miftachul Arif, ST.

Ust. Syaechul Qohar Amin, S.Pd.

Ust. Abdul Wahid, S.Ag.

GALLERY PHOTO :

Leave a comment