Kemah HW tahun 2013Praktek Kerja Lapangan (PKL) berupa Kemah Hizbul Wathon (HW) tahun 2013 ini, dibarengkan pula dengan Kegiatan Tengah Semester (KTS) berupa studi wisata. Dua kegiatan ini diselenggarakan selama 3 hari mulai Jum’at – Minggu, tanggal 15-17 November 2013, untuk PKL HW, masih diadakan di Bumi Perkemahan Semen Gresik, sedangkan Studi Wisata diadakan di Monumen Tugu Pahlawan (MONTUPA) dan Museum Kesehatan Indrapura Surabaya. Kegiatan ini hanya dikhususkan untuk siswa kelas VIII dan lebih dari 150 siswa mengikuti kegiatan ini dengan antusias dan bersemangat, didampingi oleh seluruh guru yang berperan sebagai Guru Pendamping.

03-Memberi arahanHari I, seluruh peserta mengikuti opening seremoni dihalaman sekolah sekitar pukul 07.20 WIB dengan mengenakan seragam batik Muhammadiyah. Murid-murid dengan khidmat mendengarkan amanat dari Kepala Sekolah, Bapak Akhwan Hamid, S.Pd. yang saat ini didampingi oleh Pimpinan Majelis Dikdasmen, Bapak Sudjono, S.Pd. dan Bapak Mizan Lazim. Dari sambutan Kepala Sekolah dan Pimpinan Majelis Dikdasmen intinya berpesan agar seluruh siswa bisa belajar dengan baik, mengikuti jadwal sesuai yang dibuat dan tidak bikin masalah selama acara ini berlangsung.

05-KTS di Tugu PahlawanBerikutnya dengan mengendarai armada bemo dan truk untuk barang-barang perbekalan, seluruh rombongan guru dan murid meluncur menuju Monumen Tugu Pahlawan untuk menuntaskan kegiatan KTS pada satu hari ini. Panitia dari sekolah berkordinasi dengan pemandu dari MONTUPA dan Alhamdulillah lancar, siswa-siswa kelas 8 SMP Muhammadiyah 11 Surabaya langsung mendapat materi paparan dari pemandu berupa keterangan tentang sejarah MONTUPA, tugu-tugu, patung-patung dan gambar-gambar serta diorama jaman perang dan barang peninggalan berupa senjata perang, baju, kliping koran, foto dan lain-lain. Setelah menuntaskan pembelajaran tentang sejarah Monumen Tugu Pahlawan, sekitar pukul 09.30 WIB rombongan melanjutkan perjalanan yang rencananya di Museum Kesehatan, akan tetapi mendapat info bahwa Museum itu saat ini tutup, maka rombongan langsung meluncur ke Buper Semen Gresik.

13-Jumatan14-Mendirikan tenda20-Pemberian Bendera ReguSekitar pukul 11.15 WIB, rombongan peserta PKL dan KTS, sudah tiba dilokasi, bersamaan dengan kumandang adzan Jum’at, maka seluruh guru dan siswa bersiap di aula depan untuk melakukan sholat Jum’at. Selaku khotib dan imam sholat jum’at kali ini disampaikan oleh Ust. Abdul Wachid, S.Ag.. Usai sholat jum’at, anak-anak rehat sejenak dan langsung ditugasi oleh Pembina HW, Bapak Ali Makhsun, S.Pd.  untuk mendirikan tenda. Dan setelah tenda berdiri semua, sekitar pukul 15.30 WIB, seluruh peserta dan guru bersiap mengikuti upacara pembukaan kemah HW, Dipimpin oleh Pembina HW, Bapak Ali Makhsun dan di Inspekturi oleh Kepala Sekolah, sekaligus ketua Kabilah HW SMP M 11, Bapak Akhwan Hamid. Setiap kepala regu untuk pria nama regunya binatang, sedangkan regu perempuan nama bunga. Setiap ketua regu mendapat bendera regu bergambar kelompoknya yang disematkan di tongkat benderanya. Acara seremoni berakhir sore hari jelang maghrib, seluruh peserta selanjutnya ISHOMA. Acara pada malam hari, setelah ISHOMA dilakukan kegiatan penyemangat, yang rencananya jadwal akan diisi oleh Pak Yudi dengan pemutaran film ESQ, karena banyak siswa yang lemah kesadaran, karena melamun, ketakutan, cemas maka daripada terjadi kesurupan atau sejenisnya maka acara dibuat having fun, dengan pemutaran film singapur, I am not Stupid.

21-Bikin Tandu22-Game Hulahop27-SemaporHari II, banyak diisi oleh kegiatan Pembina HW, yang dipandu langsung oleh Kak Ali, Kak Andre dan Kak Nurul, kegiatannya seputar kegiatan bikin tandu, belajar morse dan lain-lain. Selanjutnya selama 1,5 jam, Pak Achung diberi kesempatan memberi materi Ice Breaker, dan diberikan permainan kerjasama dengan media hulahop dan permainan obat nyamuk. Sampai sore kegiatan dilanjutkan oleh kakak-kakak Pembina dengan materi semampur, permainan keseimbangan bola dan permainan tantangan oleh Kak Nurul, yaitu permainan merayap dan jaring laba-laba. Setelah berkegiatan fisik, seluruh siswa beristirahat sampai sholat jamak qoshor magrib isya. Dan acara malam hari diisi dengan kegiatan Talent Show. Setiap regu menampilkan kehebohan kelompoknya dengan aneka tampilan seperti menyanyi, menari, joget, klotekan, kentrungan atau gitaran. Acara berakhir hingga larut, pukul 11.30 WIB dan diinstruksikan seluruh siswa harus tidur.

Hari III, diisi dengan kegiatan bersih-bersih dan bongkar tenda, dan dilanjutkan dengan seremoni upacara penutupan, disini ada score total penilaian selama kegiatan tiga hari, setiap ragu mendapat nilai dari setiap tugas yang dilakukan, dan nilai ditulis dilembar banner yang telah disediakan, seluruh peserta dapat melihat langsung regu siapa yang bakal menggondol piala HW Tahun ini.

GALLERY PHOTO :

About smpmuhammadiyah11sby

Saya adalah Guru BP/BK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s