Di Candi BorobudurSetelah menyelesaikan Ujian Nasional Th. 2013 selama 4 hari mulai tgl 22, 23, 24 dan 25 April 2013, hari Jum’at Malam, 26 April 2013, pukul 19.30 WIB, Tim Guru dan seluruh siswa kelas 9, dengan mengendarai 2 bus besar melakukan Travelling Wisata di Jogjakarta, selama 3 hari, Jum’at-Minggu, 26-28 April 2013. Acara ini diikuti oleh sekitar 100 lebih peserta, dan bekerjasama dengan Travel Wisata Salfariz sebagai pemandu dan fasilitator program sepanjang kegiatan dan direncanakan akan mengunjungi Pantai Parang Tritis, Rumah Pintar Jogja, dan Kampung Muhammadiyah serta Menginap semalam di Hotel, dan esok hari dilanjutkan kunjungan ke Obyek Wisata Kyai Langgeng dan Candi Borobudur Magelang. Sambil disetiap jam makan, rombongan brake berhenti sejenak di rumah makan atau restoran yang sudah ditentukan oleh Provider Wisata Salfariz.

The Parang TritisArmada bus berangkat sekitar pukul 19.30 WIB langsung menuju Jogja, dan pastinya, penginapan peserta untuk hari ini adalah di dalam bus. Tanpa terasa setelah sholat shubuh di masjid jami’ bus sudah masuk di Pantai Wisata Parang Tritis. Seluruh siswa dan guru bergegas mencari toilet dan kamar mandi. Tapi syukurlah disini tersedia banyak pelayanan kamar mandi dan rumah makan. Peserta dihimbau untuk bebas ke pantai dengan ketentuan pukul 07.00 WIB harus segera kembali ke bis. Berikutnya yaa.. aktifitas anak-anak bermain pasir, menikmati pemandangan ombak pantai yang kebetulan besar, beberapa murid dan guru menyewa motor pasir hanya untuk sekedar kebut-kebutan dan yang inti, foto-foto an bersama. Kebanyakan siswa kelas 9 terjangkit virus Narsis.

P1120414Setelah puas, perjalan dilanjutkan menuju lokasi Hotel yang sudah dibooking, yaitu Hotel Rama dan Shinta, disini seluruh peserta mendapat kamar yang diisi 3- 4 anak per kamar. Dan setelah bersih diri, dilakukan makan pagi di hotel, dan peserta langsung bersiap-siap untuk keliling di Rumah Pintar Jogja. Setelah tiba dilokasi dan dibagikan tiket, peserta dan guru menyebar menikmati karya-karya tokoh ternama dan alat-alat teknologi dan komunikasi modern dan peninggalan-peninggalan sejarah kemerdekaan Indonesia, dan yang pasti sejarah Jogjakarta. Siswa-siswi bermain sepuasnya disini, seperti mencoba merasakan gempa, mengayuh sepeda listrik, pake kostum ilmuwan, mencoba simulator sepeda motor dan masih banyak lagi. Setelah capek, rombongan diajak ke restoran ikan bakar dan menikmati menu makan siang dengan lahap.

Persiapan di kampung muhammadiyahCIMG0972CIMG0993Setelah makan siang, peserta melanjutkan wisata kunjungan ke kampong Muhammadiyah yang berlokasi di kampong Kauman, kecamatan Gondomanan Jogjakarta. Hari menjelang sore, seluruh rombongan melakukan sholat jamak qoshor dhuhur ashar dan saat itu sudah stand by para pemandu dari Masjid yang siap melayani dengan memberi arahan tentang kampong Muhammadiyah ini.

Setelah berkumpul di beranda masjid, para pemandu berkenalan dan mulai memandu dengan menjelaskan tentang masjid Agung ini, yang didalamnya ada kotak ruang seperti Ka’bah yang ternyata tempat ini untuk sholat raja-raja yang dalam perlindungan kotak tersebut dari bahaya orang yang mau berbuat jahat. Dan masih banyak lagi yang dijelaskan, peserta pun digiring keluar untuk melihat objek-objek lain seperti Langgar kidoel KH A. Dahlan, Sekolah Pawiyatan (sekarang SD Muhammadiyah Kauman), Ndalem Pangulon (rumah penghulu), Gedung Pesatren (TK ABA Pertama Kauman), ada musholla Aisyiyah dan beberapa rumah pimpinan ketua Muhammadiyah dan terakhir AUM seperti PKU, Toko Buku dan redaksi suara Muhammadiyah. Kunjungan terakhir rombongan berziarah di makam Istri Kyai A. Dahlan, Siti Walidah. Rombongan pertama dipandu berdoa oleh Pak Mizan.

Usai keliling, rombongan menunggu azan maghrib untuk menjama’-Qoshor Maghrib-Isya dan selanjutnya wisata belanja di Malioboro, yang tidak jauh dari masjid Agung, peserta tinggal jalan kaki membeli oleh-oleh baju, celana, topi, kaos, bakpia, kripik, asesoris dan lain-lain. Pokoknya belanjaaa sepuassnya. Ada salah satu siswa yang ditinggal gengnya, menangis tersedu-sedu, sambil berjalan sendirian, dia berinisial HN, akhirnya ditemua Pak Achung dan diantar mencari gengnya, waktu  sudah mendekati batas waktu belanja, setelah ketemu genknya, eh nangis dan mrenges lagi. Dihari Pertama ini peserta langsung balik ke hotel dan menikmati bantal guling kasur hotel untuk semalam.

P1120472P1120470Jet Coaster Kyai LanggengDihari kedua, peserta wisata jogja 2013, SMPM 11, diawali dengan makan pagi di hotel, sekaligus check out dan menuju ke Bis, kemudian meluncur menuju obyek wisata Candi Borobudur. sekitar 1,5 jam perjalanan keluar dari Jogja menuju daerah Magelang. Walau kaki terasa keple, tapi tetap semangat untuk bisa menaiki Candi Borobudur yang tinggi, rata-rata semua penasaran untuk bisa mencapai puncak candi. Setelah diatas, momen panorama ketinggian candi Borobudur dimanfaatkan untuk foto bersama antar teman, murid dan guru, serta mengajak turis untuk foto bersama, Pak Yudi selaku guru bahasa inggris, banyak dimintai tolong anak-anak untuk bisa foto bersama turis. Banyak oleh-oleh diareal Candi Borobudur, mulai pernak pernik, acesoris, kaos, pakaian khas Borobudur. Sebagian peserta banyak yang belanja lagi disini.

Setelah puas belanja dan berjalan, rombongan melakukan lagi kunjungan terakhir di Obyek wisata Kyai Langgeng,. Dan setelah tiba di Kyai Langgeng, peserta dibebaskan berkegiatan foto, naik jet coaster, belanja oleh-oleh atau beli jajanan. Areal taman wisata ini ada makamnya Kyai Kanjeng, yang memang tidak begitu dikeramatkan. Orang bebas keluar masuk makam walau tanpa harus berdoa atau baca bacaan tertentu.

GALLERY PHOTO :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s