Pelatihan Kepemimpinan siswa yang dikemas dalam bentuk Kemah Hizbul Wathon (HW) selama 3 hari 2 malam sejak Jum’at – Minggu (14-16/10/11) di Bumi Perkemahan Semen Gresik, diikuti oleh sekitar 100 siswa dari kelas VIII (A,B dan C) dan dipandu langsung oleh Bapak Ali Makhsun, S.Pd. yang dibantu Kak Dedy yang juga instruktur HW. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih mental siswa agar mampu mandiri dan memiliki daya juang untuk hidup.

Target utama yang diharapkan dari pelatihan ini, agar peserta berani tampil dengan percaya diri dalam memimpin orang lain terlebih lagi memimpin diri sendiri, serta ketrampilan lainya adalah agar siswa bisa bekerjasama dalam kelompok untuk mencapai soliditas tim yang kuat (Team Building).

Di pagi yang cerah, sebelum berangkat, diadakan Opening Ceremony dalam bentuk pembekalan terhadap siswa oleh Panitia dan Kepala Sekolah. Sekitar pukul 08.00 WIB, Rombongan berangkat dengan mengendarai 8 armada angkot dan 1 truk besar untuk mengangkut peralatan seperti tongkat, tenda, matras dan alat masak. Seluruh peserta mengenakan kostum seragam beratribut HW lengkap dengan topi dan hasduk, sebagian lain mengenakan baju seragam olahraga dengan atribut SMP Muhammadiyah 11. Hari itu seluruh guru diwajibkan ikut untuk mendampingi peserta dalam kelompok.

Sekitar pukul 09.30 WIB, di hari Pertama, Jum’at 14 Oktober 2011, rombongan tiba di lokasi Bumi Perkemahan Semen Gresik (BPSG) dan melakukan Upacara pembukaan yang dipimpin langsung oleh Bapak Akhwan Hamid, selaku kepala sekolah. Dan setelah upacara peserta melakukan orientasi sejenak, lalu bahu membahu dalam kelompoknya mendirikan tenda. Begitupula dengan bapak dan ibu guru. Setelah itu seluruh peserta putra dan bapak guru, bersiap-siap menuju pendopo untuk melakukan Sholat Jum’at di jama’ dengan Ashar, lalu dilanjutkan dengan masak-memasak untuk makan siang bersama dan istirahat hingga sore hari menjelang maghrib.

Matahari sudah terbenam, hari mulai gelap, seluruh peserta Kemah HW 2011 melaksanakan sholat Jama’ Qoshor Magrib dan Isya secara berjamaah diimami oleh Pak Qohar selaku Pembina Siswa. Acara sesi pertama pada malam hari diisi seputar kepanduan HW oleh Pak Ali dengan Pak Dedy, dan ditutup dengan renungan malam. Sedangkan Para ibu guru standby di posko untuk menyiapkan camilan atau makan kecil untuk peserta dan panitia. Hingga sekitar pukul 21.00 WIB acara hari pertama ditutup dan seluruh peserta istirahat menjelang tidur dengan bercengkrama, bernyanyi, dan bergurau. peserta sudah tampak lelah dan di instruksikan oleh Pembina agar seluruhnya istirahat guna memanfaatkan kondisi fisik untuk esok hari.

Dihari kedua, Sabtu 15 Oktober 2011, setelah sholat shubuh jama’ah di pendopo, sekitar pukul 06.00 WIB peserta melakukan kegiatan senam kesegaran jasmani dipandu langsung oleh Bapak Imam S, guru olahraga di SMPM11. Setelah itu dilanjutkan dengan memasak untuk sarapan pagi. Dan berdasarkan jadwal, seluruh siswa harus sudah siap pada pukul 09.00 WIB dengan kondisi sudah mandi dan sarapan pagi.

Acarapun dilanjutkan dengan kegiatan semi outbound yang menyajikan beragam permainan kelompok dan menggunakan alat seadanya dengan resiko minimal. Kegiatan outbound ini dipandu langsung oleh Pak Ali Makhsun, S.Pd. selaku Pembina HW. Memulai acara dengan permainan memindah tempung diatas piring dari titik start anak duduk berbaris lurus kebelakang sampai ke finish. Kehati-hatian dan kerjasama dituntut mutlak dalam permainan ini, apabila tiap anggota kelompok tidak siap, tergesa-gesa atau guyon pastinya tepung akan tumpah ke kepala (rambut) atau ke muka (wajah). Seru juga permainan ini, karena setelah tepung diatas piring ganti di isi air. Lengkap deh..

Tidak itu saja, masih ada permainan kekompakan lain dan lebih menantang serta menuntut kerjasama lebih, seperti permaianan menahan bom (bola) yang diikatkan ditali dalam beberapa penjuru yang dipegang oleh beberapa anak. Gerak sedikit tidak kompak, pastilah bom itu akan meledak dan kelompok gagal menjalankan tugas. Dan Akhirnya setelah bermain, peserta brake bersiap untuk sholat tapi sebelumnya memasak untuk makan siang kelompoknya terlebih dahulu sambil menetralisir tenaga fisik untuk dioptimalkan di sesi sore hari yaitu sesi Penjelajahan.

Tepat pukul 15.00 WIB Seluruh Panitia sudah ditebar di posko-posko yang sudah ditetapkan, saat ini akan digelar acara penjelajahan mengelilingi BPSG yang alamnya segar dipenuhi pepohonan. Setelah diberi peta dan rute perjalanan peserta bergerak dilepas perkelompok dan harus melewati pos-pos yang sudah ditentukan, guna mendapat tugas yang harus diselesaikan. Tugas-tugas yang diberikan pun dalam bentuk permainan juga diantaranya Menghafal Doa, Janji HW dan mengenal tanda / Morse. Dan sekitar pukul 18.00 acara berakhir dilanjutkan dengan sholat berjamaah Magrib-Isya.

Dan tidak berhenti disitu, pada malam hari ini, siswa sudah ditugaskan melalui ketua kelompok untuk menampilkan pertunjukan seni minat bakat mereka, dihadapan guru dan teman-teman kelompok lainnya. Dan hal itu menjadi hal yang biasa bagi peserta, mereka pun menampilkan beragam pertunjukkan seperti menyanyi bersama, puisi, drama, monolog dan lain-lain. Dan yang berkesan Menurut Pak Ali, Pembina HW SMPM11 bahwa kelompok yang tampil dengan bernyanyi bersama diiringi oleh alat musik seadanya. Menurut Pak Ali, sebenarnya kegiatan anak-anak semenjak hari I dan nanti hari terakhir, semuanya dinilai dan diskor, nantinya pasti ada juara dan hadiah berupa piala dan piagam, tegas beliau setelah berkoordinasi dengan kepala sekolah.

Dihari III, terakhir, Minggu, 16 Oktober 2011, setelah senam pagi dan sarapan pagi, siswa mulai berkemas membongkar tenda dan packing baju di tas. Begitu pula dengan para guru pendamping yang sudah tampil rapi berseragam HW dengan atribut lengkap berpose foto bersama. Setelah siap untuk pulang, seluruh peserta bersiap untuk upacara penutupan yang dipimpin kembali oleh Bapak Kepala Sekolah, dan dalam sambutannya, beliau mengatakan puas dan bangga serta berharap, pelajar SMP Muhammadiyah 11 bisa kreatif, mandiri dalam belajar dan berkarya dan nantinya mampu mewarnai dunia.

Setelah Upacara berakhir seluruh siswa membantu guru untuk mengangkut peralatan kemah naik ke atas truk dan merekapun meletakkan sebagian tasnya di truk dan langsung masuk ke bemo masing-masing. Tiba dirumah siang hari sekitar pukul 14.00 WIB.(@)

 GALLERY PHOTO :

One response »

  1. verlan says:

    Pak pkl anak kls 2 yang baru mana pak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s