Purna Siswa Kelas IX dan Pergelaran Seni 2012 SMP Muhammadiyah 11, pada hari Senin, 25 Juni 2011 bertempat di Gedung Kesenian Cak Durasim Genteng Kali Surabaya, berjalan khidmat dan meriah serta dihadiri oleh ratusan siswa dan orang tua serta para tamu undangan. Tampak hadir Bapak Sudjono, S.Pd. mewakili Majelis Dikdasmen PCM Krembangan dan Bapak Irwan, M.Pd.I, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 11. Selain seremoni upacara wisuda siswa, acara juga diisi dengan aneka pergelaran seni gerak dan lagu seperti Puisi, Pencak Silat, Menyanyi, Tari, dan drama.

Pagi itu persiapan acara, yang didukung penuh oleh Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dan Hizbul Wathon. Mereka membantu menjadi petugas penyelenggara acara yang sekitar pukul 08.15 WIB, acara dimulai dengan opening layar lebar profil Purnasiswa Kelas 9 dan Pergelaran pentas seni, dan sesaat narasi multimedia mempersilahkan pembawa acara, Siti Fitrul dan Dodik Suprayogi, alumni SMPM11 untuk memandu acara.

Setelah dibuka oleh MC, teriring alunan lagu Hymne Guru,  oleh Pak Iir dan siswa ekskul Bina Vokalia (Binvok), menghantar rombongan HW pembawa bendera negara dan panji-panji Muhammadiyah mengiringi kepala sekolah dan guru, masuk menuju kursi duduk kehormatan. Sesaat kemudian, kepala sekolah, Bapak Akhwan Hamid secara resmi membuka acara dengan bacaan basmalah dan ketok palu tiga kali, disaksikan oleh seluruh siswa dan orang tua serta para tamu undangan.

Kemudian lantunan ayat suci Al Quran mengumandang dibaca oleh Ananda Nada Asri Rahma dan Didit dari kelas VIII, disusul pembacaan Surat Keputusan (SK) Kelulusan siswa tahun ajaran 2011-2012, oleh Bapak Tarmudzi, S.Th.I dan acara resmi purnasiswa serta penyerahan ijazah dimulai. Satu persatu siswa maju kedepan, mendapat ijazah yang diberikan oleh wakil walikelas IX, Bapak Mizan Lazim, kebetulan 3 wali kelas IX tidak hadir semua, karena ujian PLPG, Sakit dan Operasi Kaki. Sedangkan kalung kelulusan diberikan oleh Bapak Tarmudzi sebagai symbol resmi kelulusan dan terakhir Bapak Akhwan Hamid menyalami sambil mengucap selamat kepada seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 31 dari kelas IX A, 33 siswa dari kelas IXB dan kelas IX C berjumlah 31 anak. 2 siswa dinyatakan tidak lulus karena tidak mengikuti UN dan Ujian Akhir Semester.

Setelah selesai penyerahan ijazah, seluruh siswa kelas IX dipandu oleh Aziz H. Rohman, membaca janji pelajar, dilanjutkan kesan dan pesan dari wakil siswa kelas IX, Arinta Apriliya Rohmawati, mengungkap rasa terimakasih dan mohon maaf atas kesalahan selama ini kepada Bapak dan Ibu guru serta permohonan doa agar ilmu mereka menjadi manfaat dikemudian hari. Lalu secara resmi acara wisuda ditutup oleh Kepala Sekolah, dengan bacaan Hamdalah dan ketok palu 3 kali, kemudian dilakukan sesi photo untuk kenangan oleh kameramen dan fotografer. Sambil siswa secara bergantian bersalaman kepada seluruh guru.

Selanjutnya MC seremoni berganti dari Siti – Yogi, ke Galang Aji Kartiko dan Larasati titi Nastiti, sebagai MC acara hiburan dan langsung memandu dengan menggunakan bilingual (dua bahasa, Inggris dan Indonesia). Selanjutnya mengucap salam dan sambutan serta mepersilahkan Kepala Sekolah, selaku ketua panitia purnasiswa memberikan sambutan yang pertama. Dalam sambutannya Ustad Akhwan Hamid, S.Pd. menyampaikan pesan agar orang tua yang hadir tetap memperhatikan ibadah anak-anak, khususnya sholat, karena mereka masih perlu dikawal. Modal pendidikan ibadah minimal selama 3 tahun terakhir telah mereka peroleh dan harapannya, orang tua bisa menjaga dan mengawasi hingga akhir hayat kita. Kemudian sambutan kedua disampaikan oleh wakil dari majelis dikdasmen PCM Krembangan, Bapak Sudjono, S.Pd. yang menyampaikan pesan, agar lulusan kali ini menjadi individu yang pinter dan spektakuler serta mampu mengharumkan nama almamater.

Kemudian penghargaan untuk siswa-siswi berprestasi mulai dari kelas VII-VIII, berupa piagam dan beasiswa dari sekolah sebagai bakti kepada Anak Negeri yang berprestasi. Dengan dipandu oleh Bapak Tarmudzi, S.Th.I,  Mereka yang mendapat penghargaan adalah, peringkat I, Lia Anggraeni dari kelas VII-A, Peringkat II, Lensa dan peringkat III, Nindi Choiriyah Putri. Sedangkan untuk kelas VIII, peringkat I diraih oleh Larasati Titi Nastiti, Peringkat II, Titis Yuniarti dan peringkat III, Rosa Amalia R. dan selanjutnya piagam diberikan oleh Bapak M. Rif’an, SH, selaku ketua PCM Krembangan. Sedangkan penghargaan dibidang non akademik, dengan dipandu oleh Ibu Roifah, S.Pd. mengumumkan siswa yang pernah menyandang juara MTQ tingkat Surabaya, dia adalah Nanda Asri Romadhona. Dan untuk juara Kaligrafi tingkat Surabaya, diraih oleh Evi Rasdina. Penghargaanpun diberikan oleh Bapak Sudjono, S.Pd. didampingi kepala sekolah. Dan para siswa berprestasi foto bersama didampingi oleh orang tua mereka.

Puncak acara hiburan, dipandu oleh duet maut, Pak Andre dan Bu Titin dengan kostum trendi dan freshly mereka secara natural memandu acara dengan interaktif. Dan penampilan pertama disajikan Qiroah bareng oleh Siswa Ekskul Qiroah binaan Ibu Dra. Iflachah, yang di lantunkan oleh Larasati, Nada Asri R dan kawan-kawan, disusul kemudian kehebohan jurus-jurus ampuh dari Ekskul Silat Tapak Suci diantaranya jurus kipas, toya dan pedang serta sabung bebas. Kemudian pentas tartil membaca Al Qur’an oleh siswa Ekskul BTQ binaan Ustad Suyatno dan Abdul Wachid. Membacakan ayat-ayat qur’an dengan tartil dan berirama.

Setelah pentas ekstrakurikuler HW dengan menampilkan Semapur yang diiringi music modern cherrybell dan sandi gelap, maka pentas hiburan berikutnya adalah Puisi Shidiq, karya Zawawi Imron, yang dibawakan oleh Anas dan kawan-kawan. Dan gong penampilan seraya menghempak ruangan oleh tepukan dan sorak sorai siswa kelas 9 ketika Meidi Bintang Permana menyanyikan lagu Aku dan Dia yang dipopulerkan oleh Ariel Peterpan, serta lagu Selamanya takkan berpisah, yang dipopulerkan oleh Astrid, serta Lagu Siti Nurhaliza, dan lagu dan tari cindai.

Pentas akhir diisi dengan live music, lagu ibu karya Iwan Fals, dan puisi 3 bahasa, arab, inggris dan Indonesia, serta lagu demi masa dari raihan lalu ditutup dengan nyanyi bersama lagu semangat baru dari Ello, dibawakan oleh Siti Wulandari CS.

Gallery Photo :

One response »

  1. very nice,,,
    i like it

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s