Acara Wisuda Purna Siswa Kelas 9 dan Pagelaran Seni 2011 SMP Muhammadiyah 11 Surabaya Tahun Pelajaran 2010-2011 yang diadakan pada hari Ahad, 19 Juni 2011 dan diikuti oleh sekitar ratusan siswa dan orang tua yang mendampingi, bertempat di Gedung PWM, Jl Kertomenanggal IV No. 1 Surabaya, berjalan dengan khidmat dan semarak penuh warna.

Pagi itu, Gedung Aula PWM Jatim, penuh sesak dengan hiruk pikuk datangnya para undangan dan calon wisudawan/wati SMP M 11 Surabaya. Cerah dan hangatnya kota Surabaya bak pancaran wajah mereka yang hadir pagi itu. Tepat pukul 10.00 WIB, acara Purna Siswa SMP M 11 Surabaya dibuka oleh MC dari alumni, Sdr. Dodik Prayogi dan Sdri. Siti Fitrul yang memulai seremoni prosesi awal, yaitu masuknya rombongan Kepala dan Wakil Kepala Sekolah beserta Guru Kelas 9 yang dihantar oleh tim Hizbul Wathon (HW) dengan membawa bendera kebesaran Indonesia dan Muhammadiyah diiringi lantunan lagu Hymne guru oleh tim Bina vocalia.

Setelah menempati tempat duduk diatas panggung, MC memperkenalkan Bapak Akhwan Hamid, S.Pd. selaku Kepala Sekolah dan Bapak Tarmudzi, S.Th.I selaku Wakil beserta Bapak Abdul Rochim, S.Pd, selaku guru kelas IX-A, Bapak Miftachul Arief, ST, selaku guru kelas IX-B dan Bapak Syaekhul Qohar A, S.Pd, selaku guru kelas IX-C, yang setelah itu mempersilahkan Bapak Akhwan Hamid membuka acara, dengan bacaan basmalah Ustad Akhwan membuka resmi acara dengan ketukan palu tiga kali, diiringi tepukan yang meriah.

Kemudian secara beruntun pembacaan Ayat suci Al Qur’an oleh Nada Asrir dan sari tilawah oleh Galang Aji Kartiko, dan pembacaan SK kelulusan oleh Bapak Tarmudzi, S.Th.I. Maka acara resmi purna siswa dengan penyerahan Ijazah dimulai. Suasana di dalam gedung menjadi hening dan khidmat. Banyak mata memandang dengan haru saat menyaksikan satu per satu wisudawan dan wisudawati melangkahkan kaki untuk menerima penyematan Gordon dan ijazah, oleh Kepala Sekolah yang didamping oleh Wakil dan guru kelas masing-masing.

Suasana haru tampak saat itu, terutama orang tua yang menyaksikan Happy Ending kesuksesan putra-putri mereka ditingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan tanpa sadar beberapa orang tua meneteskan air mata kebahagian. Kemudian acara berlanjut dengan pernyataan janji pelajar dipandu oleh Mu’amar Qadafi, salah satu siswa kelas IX. Kemudian Sambutan dari perwakilan siswa Kelas IX oleh Siti Halimatussa’diyah.

Setelah hampir dua jam acara yang sakral itu dilaksanakan, selanjutnya MC bertukar peran dengan MC pengganti dari Siswa Kelas VIII, Arinta Aprilia yang menyampaikan dalam bahasa Indonesia sedangkan Doni Arliawan menterjemahkannya dalam bahasa Inggris. Pada kesempatan ini MC membacakan susunan acara diantaranya sambutan-sambutan, penganugerahan reward kepada siswa berprestasi dan pagelaran seni. Sambutan Pertama oleh Ketua Panitia Acara Bapak Syaekhul Qohar, S.Pd. menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini dengan baik sekaligus ucapan permohonan maaf apabila ada kekurangan atau kesalahan yang dilakukan dengan sengaja atau tidak disengaja.

Berikutnya sambutan dari Kepala Sekolah, yang menyampaikan kebanggaannya terhadap Muhammadiyah bahwa telah memiliki gedung PWM yang megah, serta menyampaikan tentang kelulusan tahun ini 98 anak lulus semua, tapi hanya 96 anak yang lulus murni sedangkan dua anak lainnya lulus bersyarat, KENAPA ?, hal ini menjadi rahasia sekolah dengan anak yang bersangkutan.

Pada sambutan ketiga oleh Ketua PCM Krembangan, Ust. Mohammad Hatta, beliau menegaskan bahwa sekolah Muhammadiyah adalah sekolah berlandaskan Islam, dan Islam mengajarkan agar Umat Islam Tunduk dan Patuh serta Takut hanya Kepada Allah, harapan beliau agar janji pelajar yang sudah dibacakan agar di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari siswa dalam belajar menuntut ilmu di sekolah.

Dan Sambutan terakhir Ustad Prof. Dr. Thohir Luth MA. Menyampaikan kebanggaannya dan rasa puas karena 100% siswa lulus semua. Dan mengingatkan dalam menjaga prestasi siswa seperti ini memanglah tidak mudah, perlu kerja keras dan kerja ikhlas, saya salut dengan Bapak dan Ibu Guru, tegas beliau, karena tantangan ujian sekarang sarat dipenuhi pelanggaran seperti contek berjamaah. Rasa hormat dan penghargaan disampaikan pula terhadap wali murid yang telah mau dan percaya, putra-putrinya dititipkan di Amal Usaha Pendidikan sekolah miliki Muhammadiyah.

Diakhir tausiyah beliau mengingatkan guru dan orang tua terhadap peran teknologi yang bisa membahayakan anak didik kita seperti Handphone, Laptop dan Computer Internet, banyak yang teracuni oleh situs porno dan melakukan transaksi sek via media tersebut. Tantangan degradasi moral seperti harus selalu kita waspadai bersama, tandasnya.

Setelah sambutan-sambutan, acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada siswa-siswi berprestasi oleh Kepala Sekolah, bersama orang tua siswa yang tampil dipanggung bersama. Selanjutnya MC berganti lagi dipandu oleh Mr. Yudi Mahendrajan, S.Pd. M.Pd. I dan Mrs. Ro’ifah S.Pd. M.Pd. yang membawakan acara dengan bahasa Inggris karena mereka memang guru bahasa Inggris di SMPM 11.

Dan tiba saatnya pagelaran seni 2011 diawali dengan penampilan seni baca Al Qur’an (Qoriah), tampil tiga siswa-siswa secara bersamaan mengaji bareng nan syahdu bak Boys/Girls Band menyanyi. Dan tampilan 3 siswi bina vocalia menyanyikan lagu Melly Guslow, dilanjutkan Aksi Jurus Silat Tapak Suci dan Tari Magadir dan tari tradisional serta drama Setan menggoda orang sholat dan masih banyak lagi acara meriah lainnya. Acara pun berakhir sekitar pukul 13.00 dan dilanjutkan dengan foto bersama, siswa dan guru. (@)

GALLERY PHOTO :

One response »

  1. yang tahu saya mana pak koq belum di masukin,, :’n’:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s