RAKER dan RAT 2013Rapat Kerja (Raker) Guru dan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi SMP Muhammadiyah 11 semester gasal tahun 2013-2014, yang diadakan di Hotel Palm Sari Batu – Malang, selama dua hari satu malam, mulai Rabu–Kamis, 26-27 Juni 2013 yang diikuti oleh sekitar 25 orang, terdiri dari Kepala Sekolah, guru dan karyawan SMP M 11 serta staf Majelis Dikdasmen PCM Bubutan, yang membahas banyak agenda, diantaranya persiapan pembelajaran siswa oleh guru kelas dan guru bidang, selama setahun yang akan datang, tapi difokuskan pada semester gasal (Juli – Desember 2013), serta Rapat Anggota Tahunan Koperasi SMP M 11, yang tahun ini dilakukan pembagian SHU.

Peserta berangkat dari sekolah pukul 08.00 WIB dengan mengendarai bus, dan langsung meluncur menuju kota Batu Malang, sekitar pukul 11.00 WIB, rombongan sudah tiba di Hotel, langsung berkordinasi di lobby hotel untuk pembagian kunci kamar, yang tiap kamar dihuni oleh 2-3 peserta. Setelah masuk kamar, peserta rehat sejenak, dan diinformasikan agar peserta sudah berkumpul di Hall Meeting Room sekitar pukul 13.30 WIB.

02-Pimpinan RakerRaker dibuka oleh pembawa acara, Bapak Syaechul Qohar Amin, dan dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah SMP. M 11 Bapak Akhwan Hamid, didampingi oleh Kaur Kurikulum Bapak Tarmudzi dan Kaur Humas, Bapak Yudi Mahendrajan. Dan langsung Pimpinan Sidang membuka dengan agenda persiapan Raker untuk dua hari ini dan secara teknis penjelasan diberikan penuh kepada Bapak Tarmudzi untuk membahas kebijakan sekolah, pengesahan administrasi dan program kerja guru seperti Program semester (Promes), Rencana Kerja Mingguan dan Harian (RKM dan RKH) dari semua bidang mata pelajaran dan minat bakat (ekstrakurikuler), rapat koordinasi wakil kepala urusan bidang masing-masing, penetapan dan pembagian tugas mengajar serta penunjukkan staf sekolah dan wali kelas, evaluasi lulusan siswa dan siswa yang akan naik atau tidak naik kelas ditahun ini, ditambah masih ada penetapan tugas kepanitian TC. Daarul Arqom 1434 H angkatan ke 32.

08-Bapak LanangDan pada sore hari sekitar pukul 15.30 WIB, berkenan hadir Bapak Lanang, salah satu pimpinan majelis dikdasmen krembangan, memberikan motivasi dan semangat kepada guru dan karyawan yang hadir untuk selalu berkomitmen memajukan sekolah melalui profesionalisme kerja tentang kedisiplinan, tanggung jawab tugas, serta komitmen sebagai guru di Perguruan Muhammadiyah. Sekitar 1,5 jam, Bapak Lanang memberikan materi motivasi dan komitmen kerja, setelah itu peserta brake sore untuk persiapan sholat dan makan malam.

Pada malam hari Rapat Kerja Guru dan Karyawan dilanjutkan, dan Kepala Sekolah, kali ini mengundang pula, Bapak Sudarusman, Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 2, Genteng. yang lebih dikenal sebagai Sekolah Juara yang berfokus pada kecerdasan majemuk siswanya. Dalam sambutan pembuka, Pak Akhwan, panggilan akrab beliau, menyampaikan, bahwa kita harus mau dan terus belajar kepada sekolah-sekolah Muhammadiyah yang sudah maju. Dan tiap sekolah punya diferensiasi tag line yang berbeda-beda, seperti SMPM 2 Genteng sebagai Sekolah Juara, yang memadukan aspek kognitif, afektif, psikomotor dengan memperbanyak kegiatan ekstrakurikuler atau yang dikenal Sunday school. Atau SMPM 11 Dupak Bangunsari sebagai sekolah Prestasi, yang memadukan Pola dzikir dan pikir siswa secara terpadu, sehingga tercetak generasi muslim yang beriman dan berilmu.

14-Pak Sudarusman narasumber keduaDalam penyampaian materi, Pak Sudar, panggilan akrab Kepsek SMPM 2, beliau ingin sharing tentang pentingnya menghargai keberbedaan kemampuan atau kecerdasan siswa. Sehingga disana (SMPM 2) banyak murid yang kemampuan kognitif atau IQnya kurang, masih terfasilitasi kemampuan dan prestasinya dibidang minat dan bakatnya. Sekolah memfasilitasi siswanya agar mampu memunculkan potensinya sejak dini dengan variasi kegiatan sekolah yang penuh dan beragam pilihan. Beliau tetap mempersilahkan SMPM 11 agar tetap fokus pada pembinaan aspek kognitif dan spiritual siswa, beliau hanya menawarkan format apresiasi terhadap kecerdasan siswa yang lain. Hal inilah yang membuat SMP M 2, banyak diminati oleh masyarakat, walaupun terkesan SPPnya mahal dan banyak biaya kegiatannnya. Banyak interaksi yang terjadi antar peserta dan narasumber kali ini, saat sesi tanya jawab. Seperti lontaran pertanyaan yang disampaikan oleh Pak Rochim, Pak Yudi, Pak Achung, dan masih banyak lagi.

Setelah sesi materi Pak Sudar berakhir, Raker dilanjutkan membahas evaluasi siswa yang naik kelas mulus, naik kelas bersyarat, atau dikembalikan ke orang tua, karena pengaruh kenakalan siswa yang berdampak luas. Pimpinan sidang berkoordinasi dengan BP/BK, Bu Nina dan Pak Achung seputar data fisik pelanggaran dan kenakalan siswa. Setelah dipaparkan data-data absen siswa, kasus-kasus anak yang terjadi selama semester II yang lalu, maka direspon oleh forum guru kelas bahwa anak-anak yang berinisial WN dan LO kelas VII, dikembalikan ke orang tua, karena pelanggaran berat berkali-kali, sedangkan ADK kelas VIII serta FBR kelas VII dimutasi.

20-RAT hari keduaDihari kedua, 27 Juni 2013, mulai pagi, agenda sidang diisi dengan Rapat Anggota Tahunan koperasi SMP M 11, Pak Arif selaku ketua dibantu dengan Bu Ika, selaku bendahara, memimpin acara pengesahan hasil laporan koperasi yang tiap anggota memegang copy laporan dan bisa dikoreksi langsung bila ada hal yang dirasa janggal, tidak lama dibahas, selanjutnya LPJ Koperasi di Sahkan dan dilanjutkan dengan pembagian SHU koperasi. Lalu dengan sigap, bu Ika terbang kesana kemari untuk membagi sejumlah amplop tertentu, kepada hampir seluruh peserta, dan yang pasti isinya uang bukan surat tagihan atau teguran. Dan melihat waktu sudah mulai siang, secepat mungkin acara penutupan segera dimulai, tapi ada satu pemilihan pengurus koperasi baru yang menggantikan Bp. Saechul Qohar Amin yang memasuki masa purna tugas sebagai pengurus koperasi, maka dilakukan pergantian dengan menjaring beberapa nama dari anggota, diantaranya pak Mizan, Pak Ali, Pak Yudi dan Bu Nina, lalu divoting. Maka dengan telak suara peserta memilih pak Ali sebagai Pengurus Koperasi SMP M 11 untuk periode berikutnya. Setelah itu persiapan pulang, setelah makan siang rombongan naik bis lagi dan menuju ke Masjid Cheng Hoo untuk sholat dan berbelanja oleh-oleh.

GALLERY PHOTO :

One response »

  1. choliq abdul says:

    sy mengacungi jempol kinerja Bp Kasek jg dewan guru sangat sangat bagus, bersemangat dlm bekerja dg berupaya maksimal dlm mencerdaskn siswa, mulai kdisiplinan s/d memacu kcerdasan siswa, nmun apa kelas inspirasi sdh mulai d terapkan tadz??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s