Kegiatan Tengah Semester di Kebun Raya PurwodadiKegiatan tengah semester (KTS) SMP Muhammadiyah 11 di Kebun Raya Purwodadi Pasuruan pada hari Selasa (20/12/2011) diikuti oleh sekitar 300 siswa dari kelas VII dan VIII dengan didampingi sekitar 30 Guru dan karyawan, bertujuan untuk melatih siswa mandiri dalam belajar, melalui observasi, serta melakukan pencatatan dan mendengarkan penjelasan secara langsung dari sumbernya (learning by searching)

Pak Akhwan memberi sambutanPeserta di KondisikanKegiatan yang langsung dikomandani oleh Kepala Sekolah, Ustad Akhwan Hamid, S.Ag. sebelum berangkat dilakukan upacara pelepasan oleh panitia dan sambutan dari kepala sekolah dengan pesan agar anak-anak mampu memanfaatkan momen belajar pada hari ini. Rombonganpun berangkat dengan mengendarai 4 armada Bus Pariwista pada pukul 08.00 WIB dan langsung meluncur ke lokasi kebun raya Purwodadi.

Setiba dilokasi, seluruh siswa dikondisikan berkelompok dan berbaris rapi di hamparan halaman kantor kebun raya yang kebetulan berhadapan langsung dengan restoran. Sejenak Koordinator Lapangan seperti diantaranya Pak Rochim, Pak Qohar dan Pak Ali, menghimbau pada anak-anak agar bisa tertib dan disiplin mengikuti materi penjelasan tentang seputar tanaman oleh tim instruktur dari KRP.

Peserta mendapat penjelasanSesaat kemudian anak-anak diberi pengantar pembekalan materi yang cukup panjang, sekitar setengah jam, oleh Bapak Edi Suroto selaku ketua coordinator Pemandu Belajar. Sekilas Pak Edi menjelaskan tentang Kebun Raya Purwodadi ini, yang luas arealnya sekitar 85 Hektar, berada diketinggian 300 M DPL (Diatas Permukaan Laut) berada di dusun Purwodadi Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Kebun Raya di Indonesia ada 4, seperti salah satunya di Cibodas, Bogor dan dibawah naungan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), terang Pak Edi.

Lebih lanjut Pak Edi menerangkan, tugas fungsi KRP adalah menginventarisasi tanaman, terutama yang mempunyai nilai ilmiah dan manfaat, seperti tanaman toga dan paku-pakuan. Diakhir penjelasan, peserta KTS diberi pertanyaan apa bahasa Inggris pohon salak?, semua bingung ada yang coba jawab Zallaca, tapi di salahkan, ternyata yang benar adalah Snake Fruit. dan setelah itu seluruh siswa langsung  diterjunkan melihat jenis-jenis tanaman yang dikembang biakan disini secara berkelompok dan tiap kelompok didampingi oleh guide dari KRP. Setelah sekitar 1 jam-an, seluruh peserta KTS kembali ke bis, dan melanjutkan perjalanan pulang, mampir di Masjid Chenghoo Pandaan untuk sekedar membeli oleh-oleh.

GALLERY PHOTO :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s