Tugas kelompokKemah akhir pekan Hizbul Wathan (HW) SMP Muhammadiyah 11 di Bumi Perkemahan Semen Gresik selama 3 hari mulai Kamis – Sabtu, tanggal 11-13 Oktober 2012, yang diikuti oleh sekitar 140 siswa, terbagi dalam 14 kelompok, berlalu dengan penuh kesan yang mendalam. Pak Ali Makhsun selaku Pembina HW yang dibantu oleh Bu Nurul dan Pak Achung, secara total membina dan melatih peserta dengan beragam materi teknik kepanduan yang kelak bermanfaat untuk siswa. Begitu pula dengan guru pendamping regu serta pemimpin kelompok (pimpok), support penuh mengawasi dan membantu kelompok regu dalam hal masak memasak, cuci piring dan menjaga kebersihan tenda.

Hari I, setelah briefing pagi disekolah, peserta meluncur dengan mengendarai armada truk dan angkot, menuju lokasi bumi perkemahan yang ditempuh kurang lebih 45 menit, sudah tiba dilokasi. Kemudian panitia  dan Pembina HW berkoordinasi dengan pengurus yayasan semen gresik untuk pemasangan kekurangan tenda yang sebagian sudah siap terpasang lengkap dengan 8 titik lampu yang sediakan. Dan sekitar pukul 12.00 WIB, Upacara Pembukaan diselenggarakan dengan khidmat, dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah, Ustad Akhwan Hamid.

Selepas upacara, peserta brake sebentar dan selanjutnya menerima materi Survival dari Kak Ali Makhsun dan Kak Nurul hingga pukul 15.00 WIB, kemudian dilanjutkan dengan materi Ice Breaker yang dipandu oleh Kak Achung, dengan materi bermain, Gajah – Semut – Besar – Kecil. Sebuah permainan tentang pembiasaan kebiasaan baru. Dan ditambah dengan permainan kelompok, game obat nyamuk, hingga pukul 17.00 WIB, lalu peserta brake untuk sholat dan makan malam hingga pukul 19.30 WIB.

Persiapan acara di malam hari pertama adalah perjalanan malam nan gelap oleh kelompok, sebelum melakukan perjalanan setiap kelompok yang bernama binatang untuk putra dan kelompok bunga untuk putri, terlebih dulu diberi permainan kerjasama oleh Kak Ali Makhsun, sambil mengatur jarak waktu antar kelompok, kemudian peserta yang mampu menyelesaikan tugas dari permainan Kak Ali, langsung berjalan menuju Pos II, III, IV dan V, dan direncanakan, ditiap pos, peserta akan diberi soal tantangan berupa game. Namun apa mau dikata, rencana jadi berubah, ketika beberapa anak mengalami semacam kesurupan, dan acarapun dihentikan, diganti dengan kegiatan having fun, seperti nyanyi dan tari, dengan tujuan menghilangkan rasa takut dan suasana mencekam. Hingga malam larut peserta terbuai oleh mimpi indahnya.

Dihari kedua, Jum’at 12 Oktober 2012, sejak pagi sudah diisi oleh tausiyah subuh dan olah raga pagi, dilanjutkan dengan sarapan pagi, masing-masing tendah sibuk dengan aktifitas masak memasak dan bersih-bersih, dan mulai jam 09.00 hingga 15.00, materi akan diisi oleh Kak Ali dan Kak Nurul seputar, Semapur, Sandi, Tandu dan Morse. Namun sekitar jam 11.00 WIB, istirahat untuk sholat jum’at dan makan siang. Selanjutnya pukul 15.00 hingga 17.00 materi Outbound oleh Kak Achung, diberi tantangan sebuah permainan berfikir da kreatifitas, membuat alat penahan telur ketika dilempar pada ketinggian 2-3 meter, bagaimana telur bisa selamat, tidak pecah. Dengan modal alat, 10 sedotan dan gelang karet, 3 lembar kertas folio dan isolasi.

Hingga brake sore, sholat maghrib dan makan malam, kala itu, tim panitia kehadiran tamu pengurus Majelis Dikdasmen turut menyuport kegiatan perkemahan ini. Dimalam hari, materi diisi oleh Kak Achung, materi motivasi ESQ, dengan media layar lebar, peserta duduk fokus dan konsentrasi menyaksikan tampilan film yang diputar, dengan perenungan dan pergulatan emosi peserta larut dengan film pertama, sebuah kisah motivasi sukses Pipo dan Embro, yang bekerja keras dan berfikir cerdas menghasilkan uang tanpa susah payah. Selanjutnya kisah seorang ibu yang dilupakan anak-anaknya mampu menyulut emosi peserta dengan menangis terharu menyaksikan kisah itu. Dan selanjutnya film tentang orang yang kelak akan sedih jika meninggalkan sholat. Dan usai materi ESQ peserta dipandu oleh Kak Nurul untuk pertunjukkan talent show.

Di hari III, setelah subuh, peserta mendapat tausiyah dari Ustad Wachid, dan dilanjutkan dengan senam pagi oleh Pak Imam, dan pagi ini diadakan razia HP karena ada 3 peserta yang merasa kehilangan HP. Dan Alhamdulillah setelah dilakukan pencarian dan interogasi dari beberapa peserta, HP tersebut diketemukan lagi. Kemudian seluruh peserta bersiap untuk packing dan ringkes-ringkes perbekalan siap untuk pulang balik ke Sekolah, setelah dilakukan Upacara Penutupan yang dipandu oleh Pak Ali Makhsun, selaku Pembina HW.

GALLERY PHOTO :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s