14-Muamal Hamidy telah hadirPengajian Sakinah yang diadakan rutin tiap bulan oleh Majelis Tabligh PCM Krembangan, pada bulan Syawwal 1433 H atau Minggu, 9 September 2012, dikemas khusus sebagai ajang silahturrahim (Halal bil Halal) semua ortom mulai Aisyiyah, IPM, IMM, NA, HW dan Tapak Suci, dengan menghadirkan KH. Muammal Hamidy, Lc., salah seorang Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, bertempat di Masjid At-Taqwa Jl. Bangunsari Surabaya. Pengajian Ahad pagi yang dihadiri oleh sekitar ratusan orang dari keluarga besar dan simpatisan Muhammadiyah Krembangan, beserta wali murid, guru dan karyawan SD – SMP Muhammadiyah 11, hari ini  begitu semarak dengan adanya bazaar dan alunan music live show Agus Helm dari Dewa Amor Surabaya.

Sekitar pukul 06.00 WIB para jamaah dan tamu undangan sudah hadir memadati jalanan Bangunsari, areal Masjid At Taqwa, para penerima tamu yang terdiri dari guru dan karyawan SD dan SMP yang berpakaian batik, dengan sigap mempersilahkan jamaah untuk mengisi buku tamu dan menerima kotak sarapan pagi, dan kemudian meminta para jamaah untuk masuk kedalam masjid, menunggu acara pengajian dimulai.

Sebelum acara dimulai, panitia mengumumkan para juara Futsal, yang berhak menerima piala dari panitia dan diminta maju kedepan Bapak H.M. Arif’an SH, untuk memberikan hadiahnya. Dan tepat pukul 07.00 WIB, Bapak Syaiful selaku panitia dari Pimpinan Majelis Tabligh, membuka acara dengan salam dan ajakan agar para hadirin yang masih diluar agar segera masuk memadati ruang masjid didalam. Kemudian acara dibuka dengan pembacaan gema wahyu Ilahi, oleh salah seorang petugas, dan dilanjutkan dengan sambutan tunggal dari ketua PCM Krembangan, H. Muhammad Arif’an, SH., yang mengucapkan taqoballallahu minna waminkum, dan menginformasikan beberapa hal yang berkaitan dengan kiprah PCM Krembangan.

Saat ini, Majelis Ekonomi PCM Krembangan, setelah mendapat suntikan dana dari Bos JTV, Bapak Ali Murtadlo, kini telah mampu menyalurkan dan membina 15 warung kopi dan Usaha Kecil Menengah, dan hari ini, mereka hadir di bazaar depan masjid At-Taqwa. sedangkan untuk panti asuhan, sudah ada 3 siswanya yang dikirim untuk di didik menjadi kader ulama’ tarjih di Universitas Muhammadiyah Jember. Dan tidak itu saja, pembenahan rumah bersalin dan klinik laboratorium Muhammadiyah di Masjid Al Islam, sudah rampung digarap dan InsyaAllah, bulan ini akan dilaunching, paparnya. Ditambahkan pula bahwa proyek prestisius AUM berupa sekolah (SD Muhammadiyah 11) bulan november akan rampung untuk lantai dasar dan lantai satunya, yang memakan biaya sekitar 1 milyar rupiah, dan Alhamdulillah sudah ada simpatisan warga Muhammadiyah yang menalangi biaya tersebut dengan dipinjami tanpa bunga. Maka di tahun yang akan datang, SD dan SMP akan berdiri sendiri, dan SMP akan bisa masuk pagi, tandasnya.

Dan Menginjak acara Inti, Pengajian Sakinah oleh KH Muammal Hamidy, Lc., yang menerangkan tentang bahaya sifat egois yang jika tidak dikontrol dengan pemahaman agama yang baik, maka akan menyebabkan persoalan dan masalah didunia. Diawali dengan peran manusia sebagai makhluq sosial, yang pasti membutuhkan orang lain dan sekaligus menjadi khalifah dimuka bumi untuk mengatur dan mengelola serta memakmurkan bumi ini. Manusia tidak bisa menghindari tugas ini. Namun diberikan pula pada manusia sifat individualis atau egois, yang harus dikelola dengan baik, jika tidak maka yang terjadi seperti dicontohkan nakal beliau saat dulu ikut Hizbul Wathon, dalam suatu perkemahan, disaat makan rujak enak, sedikit tapi harus dimakan banyak orang, maka Muammal muda, puny aide, langsung ngidoni (meludahi) rujak tersebut dan diulet-ulet. Maka semua marah dan tidak mau makan rujak tersebut, dan sebaliknya, temannya saat buat liwet untuk makan, dientuti, hingga tidak ada yang mau makan. Hal ini rawan masalah. Jika hidup diatur oleh ego seperti ini, maka tidak akan ada harmonisasi tapi yang ada perkelahian terus. Egois itu sifat anak-anak, coba kita perhatikan bila kita punya anak kecil lebih dari tiga, bila diberi makan, pasti mereka akan rebutan untuk mengambil yang paling banyak dan lebih dulu, Imbuhnya.

Kehidupan yang menuruti hawa nafsu atau egonya, tanpa mengetahui kebaikan agamanya, ibarat Gerbong kereta dan rel, rel itu agama sedangkan gerbong itu manusianya. Apabila relnya rusak, maka bisa dipastikan manusianya akan terjungkal dan kacau balau. Begitupula yang terjadi pada putra nabi adam, Kobil dan Habil lahir kembar dengan adik putrinya, dimana Kobil yang ganteng dan kembarannya yang cantik, sedangkan habil yang dengan kembarannya sama-sama jelek. Dituntun oleh Allah agar Kobil mau menikahi saudaranya yang jelek, dan Habil menikahi saudaranya yang cantik, Intinya Kobil tidak mau, maka dibunuhnya Kobil oleh Habil.

Disamping materi yang tersebut diatas, Pak Muammal Hamidy juga menceritakan pertama kalinya diundang di wilayah Krembangan, tapi masa kecilnya sudah pernah dengar kejayaan Muhammadiyah di Krembangan ini, sejak dulu. Saat orang pesisir (lamongan) datang, pasti menanyakan dimana bangunsari dan Bangunsari selalu menjadi jujukan utama para pendatang saat itu, karena kurang afdol jika ke Surabaya tidak mengunjungi bangunsari.

Serta kisah awalnya mendadak tak terduga menjadi dukun saat di kakek bodo, tretes. Beliau tidak kuat naik keatas gunung, berhenti diareal makam kakek bodo ada dua orang yang spontan njujug ke beliau dan cerita sulit dapat jodoh dan cari pekerjaan. Pikir beliau dikira Juru Kunci kuburan, langsung aja beliau mengambil batu kecil dan menasehati agar disimpan dibawah bantal dan selalu sebelum tidur wudhu dulu. Jika beliau ingat ini semua pasti langsung Istiqhfar.

Dan terakhir saat dipercaya menjadi konsultan keluarga sakinah, ada sepasang kekasih bingung, mereka sudah cinta mati, tapi orang tua mereka saling berhitung hari, dan resepsi mereka harus jam 10 malam, ada yang mengatakan pasti akan tengkar terus tidak pernah rukun. Dan saat ditanya oleh pak Muammal, anda agama apa? Dijawab Islam, orang Islam nabinya siapa? Dijawab Muhammad, Muhammad orang mana? Orang Arab. Maka orang arab tidak mengerti hitung-hitungan itu. Jika kalian sudah sama-sama suka, maka oleh beliau dikasih doa keselamatan dan agar terhindar dari musibah.

Kurang lebih satu jam, beliau berceramah dengan berdiri dan masih tetap semangat dan kuat, melihat usianya yang sudah tua. tapi jamaah tidak bergeming mendengarkan ceramah beliau yang sarat kisah-kisah hidupnya yang menantang. Dilantai II tampak ruangan dipadati oleh ibu-ibu, begitu pula dibawah, dipenuhi oleh bapak-bapak dan anak-anak. acara langsung diakhiri Karena sudah hampir pukul 08.30 WIB, dan saat itu, pengurus langsung berkonsolidasi dengan KH. Muammal Hamidy Lc. (@)

GALLERY PHOTO :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s