Pengajian keliling Pimpinan Ranting IPM SMP M 11, pada hari Minggu (22/04/2012) bertempat di kediaman Bapak Hasyib, orang tua dari Ananda Feri yang beralamat di Jl. Demak Timur No.55 Surabaya. diikuti oleh sekitar 75 murid dari seluruh siswa kelas VIII yang diwajibkan.Tampak hadir seluruh pengurus IPM diantaranya Larasati Titi Nastiti, sebagai sekretaris, yang saat itu menjadi MC atau pembawa acara. Dan hadir pula, para Pembina IPM dan Bapak Kepala Sekolah, Ustad Akhwan Hamid, beserta Bapak Ibu Guru, diantaranya Pak Qohar, Pak Yudi, Pak Ali dan Pak Achung. Dan Ibu guru diantaranya, Bu Budi, Bu Nina, dan Bu Ika. Dan pada hari ini, pembicara pengajian diisi langsung oleh Ustad Drs. Mizan Lazim.

Acara yang dimulai pukul 09.30 WIB dipandu oleh Laras dan kata sambutan oleh kepala sekolah, yang berpesan khusus kepada pengurus dan anggota IPM agar senantiasa menjadi teladan yang baik kepada seluruh siswa di SMPM 11 terkhusus untuk masalah kebersihan dan kedisiplinan. Masing-masing diri siswa dihimbau untuk bertanggung jawab terhadap kebersihan kelas dari sampah dan kotoran. Serta disiplin waktu dan memahami lingkungan tempat belajar agar tidak gaduh, serta menghindari lingkungan pergaulan luar sekolah yang merusak dan nakal.

Senada dengan Kepala sekolah, dalam tausiyahnya, Ustad Mizan berulang kali mengingatkan masalah kebersihan dan kepedulian terhadap sekolah serta menjaga sikap terbaik kita. Beberapa kali pula Ustad Mizan mengucapkan rasa terimakasih kepada shohibul bait, Bapak Hasyib, karena dengan ikhlas memfasilitasi dan melayani kegiatan pengeling hari ini. Dan inti dari tausiyah Ustad Mizan adalah siswa yang hadir diajak untuk banyak bersyukur dan menjaga sikap khususnya menjaga mulut dari omongan yang tercela dan kotor. Sosok pribadi muslim yang baik bukan ditunjukkan dengan makan sambil berdiri, ngomong dan tangan kiri.

Ditambahkan pula, soal bercanda yang kurang pantas dan membahayakan mohon juga dihindari, Beliau mencontohkan candaan yang kurang pantas, “coba kalian lakukan ya, saat di warung bakso depan rumah feri, kalo pingin nyoba bercanda ketika ada orang makan, coba bilang, hek atau eek.. , dan lihat reaksinya, nyaman atau nggak??”. Tegas Mizan disusul bunyi gerrrr… keluar dari mulut siswa yang hadir.

Setelah usai tausiyah acara ditutup dengan ramah tamah. Tuan rumah telah menyiapkan menu soto ayam untuk jamaah pengeling IPM, dan aneka makanan ringan seperti kacang, keripik dan buah pisang dan semangka sebagai pencuci mulut. Sekitar pukul 10.30 WIB acara ditutup dan seluruh siswa berpamitan kepada Ayah dan Ibu Feri. @

GALLERY PHOTO :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s