Sebanyak 23 siswa SMP M 11 dari 150 peserta/anggota Tapak Suci tingkat dasar terdiri dari siswa SD dan SMP Muhammadiyah, dengan tim penilai dari 10 kader tapak suci, mengikuti kegiatan pelantikan siswa tingkat dasar dalam meraih Sabuk Kuning Tapak Suci, pada 10-11 Maret 2012, bertempat di SD Muhammadiyah 15 Surabaya. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas diri, baik pemahaman dan pendayagunaan keilmuan dari anggota Tapak Suci.

Berkenan hadir  dalam acara pembukaan pada Sabtu, 10 Maret 2011, Bapak Sutikno dari Pimpinan Daerah Tapak Suci, sekaligus membuka secara resmi kegiatan itu. Beliau juga memberikan tausyiyah tentang eksistensi Tapak Suci sebagai sebuah kekuatan dari gerakan dakwah Muhammadiyah melalui seni beladiri. Beliau menambahkan bahwa regenerasi di Tapak Suci tidak boleh berhenti tapi wajib ada karena realita kejahiliyahan klasik / modern telah mewarnai kehidupan manusia. Di akhir tausyiyah beliau mengingatkan agar kita sebagai makhluk Allah yang dihadirkan di bumi ini hanyalah untuk beribadah, maka melalui beladiri Tapak Suci ini kita jadikan jalan ibadah kepada Allah,” pungkasnya.

Setelah acara pembukaan usai, dilanjutkan dengan sholat maghrib berjamaah di masjid SD Muhammadiyah 15, sekaligus disusul dengan ujian tulis bagi seluruh siswa sesuai dengan tingkat pendidikannya selama 1 jam. Ujian tulis ini dilaksanakan di masjid, sehingga agak sedikit rileks akan tetapi serius karena dipantau oleh Tim Penguji yang bersabuk Biru dan Hitam. Materi ujian tulis berkenaan dengan pengetahuan Kemuhammadiyahan, Keislaman dan Ke-TapakSucian. Nampaknya terlihat betul antusiasnya para peserta yang mampu menyelesaikan ujian tulis dengan mudah, artinya mereka benar-benar sudah mempersiapkan diri.

Selang 1 jam kemudian ujian praktek telah menanti mereka. Satu persatu siswa dikumpulkan perkelompok sesuai dengan daftar lembar form test praktek. Di mulai dengan gerakan salam dan hormat individu, jurus rajawali, harimau, dll,  hingga gerakan berpasangan yang  harus dapat dipraktekkan oleh setiap peserta. Tepat pukul 21.30 ujian praktek telah usai dan siswa diharapkan istiharat, sholat, makan (ISOMA)

Di saat siswa tidur nyenyak, mereka dibangunkan pukul 02.30 guna mengikuti Ujian Mental. Ada beberapa pos-pos yang harus di datangi oleh setiap siswa  karena setiap pos memberikan tugas bagi mereka seperti ( materi Kemuhammadiyahan, Keislaman, KeTapaksucian, dll ). Menjelang shubuh ujian praktek telah tuntas diselesaikan oleh seluruh siswa, sehingga peserta bisa melaksanakan sholat qiyamul lail sebelum shubuh. Kemudian dilanjutkan dengan jadwal kegiatan lain ( mandi, makan ) dan  uji kebolehan atau Sabung, yang ditampilkan diakhir kegiatan sebelum acara penutupan.

Setelah upacara penutupan kegiatan pelantikan Sabuk Kuning usai seluruh siswa, berkemas menuju ke sekolah masing-masing dengan perasaan gembira karena sabuk kuning telah mereka peroleh, tidak percuma latihan mereka yang rutin di sekolah masing-masing telah terbayarkan dengan mendapatkan SABUK KEHORMATAN sekalipun sabuk dasar, tetapi kebanggaan diri sendiri, guru, pembina, orangtua telah menjadi bukti yang tak terbantahkan.

GALLERY PHOTO :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s