Pengajian atau Penyuluhan Plus (Gajian) yang diselenggarakan rutin tiap akhir bulan pada hari Rabu Minggu IV, oleh Majelis Dikdasmen PCM Krembangan Surabaya, Pada hari ini, Rabu 29 Februari 2012, diadakan di Mushola Al Husna dengan mengundang seluruh kepala sekolah, guru dan karyawan Amal Usaha sekolah SD dan SMP Muhammadiyah yaitu SD dan SMP Muhammadiyah 11, Dupak Bangunsari Surabaya.

Pengajian kali ini yang sedianya menghadirkan Drs. H. Kuswiyanto, M.Si. seorang anggota DPRD Jawa Timur yang duduk di Komisi E, tentang urusan Anggaran dari fraksi PAN, pada akhirnya urung terlaksana, karena beliau masih diluar kota hingga sore belum kembali ke Surabaya. Akan tetapi hal ini tidak menyurutkan Pimpinan Majelis Dikdasmen PCM Krembangan, Bapak H. Imam Samsudi, ST dan Bapak Sudjono, S.Pd. yang hadir mewakili Majelis Dikdasmen untuk beraudiensi dengan para hadirin saat itu.

Setelah melaksanakan sholat Maghrib berjamaah, Pak Imam langsung memberikan sedikit tausiyah pencerahan sekaligus amanah kepada seluruh Kepala Sekolah, guru dan karyawan agar benar-benar diminta mampu membimbing siswa menjadi anak-anak yang hebat dengan prestasi yang bagus serta berakhlaq yang mulia. Dan antisipasi, jangan sampai institusi sekolah atau Muhammadiyah tercoreng oleh ulah siswa yang nakal, itu menjadi tanggung jawab kita bersama, tandasnya.

Ditambahkan oleh Bapak yang memiliki 4 putra yang sudah sukses ini, Teruntuk kepala sekolah dan guru kelas, harus jeli juga membantu majelis menyelesaikan masalah tunggakan pembayaran dari mulai tahun 2009 hingga sekarang. Data dengan betul, apakah siswa berasal dari orang tua lampu merah, kuning atau hijau. Jika benar-benar Merah, maka Majelis akan mempertimbangkan pembebasannya. Karena hal ini jika ditangani dengan baik maka akan kembali pula ke pemenuhan sarana dan prasarana sekolah ataupun tambahan kesejahteraan guru. Imbuhnya.

Selanjutnya, Pak Djono, panggilan akrabnya, yang pintar berpantun diantara sambutannya sempat disampaikan, “lek turu ojo ngiler nang bantal” artinya “lek dadi guru kudu pinter lan professional”, hal ini sempat membuat tersenyum beberapa hadirin khususnya ibu-ibu. Dan sebelum beliau memaparkan “sesuatu” seperti biasa dijelaskan, hari ini menjadi ajang efektif apabila ada yang mau menyampaikan unek-unek atau keluh kesah kepada majelis, tentang apapun, yang intinya guna membangun dan membesarkan bersama AUM Persyarikatan di Krembangan ini.

Kemudian, spontan Ustad Drs. Mizan Lazim salah satu guru SMP, mengangkat tangan dan mengusulkan berkaitan dengan sambutan ketua majelis, bahwa murid kita ini bukan siswa pilihan atau saringan, akan tetapi siswa yang bisa jadi yang diterima ini berasal dari bahan dasar yang kurang bagus. Dan tidak serta merta kita (guru dan jajarannya) dituntut harus bisa menjadikan semua murid jadi anak sholeh, berprestasi dan berakhlak mulia. Yang pasti kita semua pastinya sudah berupaya memperlakukan, membimbing dan mendidik siswa dengan optimal, tegas Mizan.

Pak Djono, mulai mencoba menengahi bahwa memang apa yang disampaikan Pak Mizan benar, semua tidak bisa digebyah uya, terkadang menyelesaikan masalah anak, bukan dari anaknya saja, menurut sudut pandang Psikologi, apabila ada anak nakal, maka telusuri dulu kenapa ia menjadi seperti itu dan terus dicari akar masalah utamanya, dan itu yang harus dicabut (diselesaikan) dulu.

Dan sesaat pak Imam menambahkan harapannya bahwa meminta peran Kepala Sekolah, Guru Kelas dan BK memang harus sinergis, dalam mengatasi masalah anak, apapun yang dibutuhkan untuk bisa mewujudkan itu semua, Majelis Dikdasmen siap mendukung total dan bisa dilibatkan untuk berpikir bersama, Janjinya.

Kemudian Pak Djono melanjutkan SESUATUNYA, yaitu merealisasikan janji majelis tentang pemberian reward bagi guru yang terbaik dalam penilaian Education Interview di SDM 11. Reward yang dirupakan Uang yang besarannya cukup untuk beli tanah di masa depan dengan tipe 2×1 (red), langsung diberikan kepada Pak Ahmad Sabur dan Bu Nur Hayati, keduanya maju dan langsung diberikan oleh Ketua Majelis Dikdasmen Bapak H. Imam Samsudi, ST. dengan diabadikan oleh salah satu wartawan dari achung.com. selanjutnya ditutup dengan sholat isya’ berjamaah dan ambil gaji. (@)

GALLERY PHOTO :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s