Program Pembinaan Khusus Siswa kelas IX SMP M 11 dengan tema Sukses UNAS 2012 dengan menghadirkan Drs. Luqman Hakim, seorang motivator berpengalaman, pada hari Sabtu, 25 Februari 2012, dan diikuti oleh sekitar 100 peserta yang diwajibkan bermalam atau menginap di sekolah bersama para guru dan karyawan dengan harapan siswa dapat fokus dan serius mengikuti acara yang dikemas dalam bentuk ESQ Training.

Hari sabtu, sepulang sekolah, siswa hadir kembali ke sekolah pada Jam 18.30 WIB untuk registrasi sebagai peserta pelatihan Motivasi Diri untuk Sukses UN 2012 dan dilanjutkan dengan sholat Isya’ berjamaah. Tepat pukul 19.30 WIB, Bapak Syaechul Qohar Amin,S.Pd. Kepala Urusan Kesiswaan, mengingatkan kepada seluruh siswa agar tertib mentaati peraturan serta sungguh-sungguh mengikuti program hari ini. Disampaikan pula pembagian asrama putra dan putri menurut kelas yang ditentukan panitia, lalu secara bersamaan seluruh siswa masuk asrama dan melakukan makan malam.

Kemudian sesi training dimulai dan pembukaan dibawakan oleh wakil kepala sekolah, Bapak Tarmudzi,S.Th.I, yang mengingatkan agar anak-anak mengingat dan mencatat apa saja nanti yang dijelaskan. Dan dilanjutkan dengan sambutan Kepala Sekolah, Bapak Akhwan Hamid, S.Pd. yang dalam sambutannya, beliau menyampaikan penekanan bahwa acara ini bertujuan agar siswa tetap optimis dan rileks menghadapi UN di beberapa bulan kedepan serta meminta anak-anak agar selalu tekun belajar dan berdoa kepada ALLAH SWT, agar semuanya bisa lulus dengan nilai yang sempurna.

Dan selanjutnya Pak Luqman mengambil alih acara, setelah alat, materi dan media training sudah siap dan disetup. Lalu dibuka dengan salam dan sambutan Apa khabar… dijawab Alhamdulilah luar biasa bersemangat … Allahu Akbar…., SMP Muhammadiyah 11… yes cerdas, hebat, bersemangat .. demikian sekelumit perkiraan yel-yel energizer yang selalu diulang-ulang agar siswa tetap dalam keadaan on belajar, tidak ngantuk dan bersemangat walaupun dikatakan bahwa materi akan disampaikan selama 2 jam.

Pak Luqman mengawali materi dengan perkenalan diri dan keluarga serta pengalaman training beliau selama ini didalam dan diluar negeri melalui slide-slide gambar. Materi pun disampaikan rapi dan runut menyesuaikan kadar kejenuhan siswa dalam beberapa menit, selalu setelah serius, peserta diajak bercanda dan bernyanyi bersama mendendangkan lagu-lagu Letto, Seventeen dan lain-lain tapi liriknya sudah diganti dengan konten penyemangat belajar dan optimis menghadapi UNAS. Dan seterusnya, selama dua jam, peserta dikocok pikiran dan hatinya dengan aneka rasa, mulai senang, tertawa, antusias, ketakutan, kengerian, kesedihan dengan berbagai foto dan video klip yang disajikan mulai dengan kisah-kisah yang patut disyukuri seperti foto 2 anak hebat, yang diceritakan sukses UN dengan nilai ekselen dan slide perbandingan anak modern dengan anak-anak kelaparan di Somalia yang begitu menderita dan serba terbatas dalam belajar, mendapat makanan dan air dan sebagainya, “Lebih enak mana? kita atau mereka..” teriak Pak Luqman berkali-kali dengan melanjutkan “maka ucapkan.. ALHAMDULILLAH.” Dan ada pula kisah tentang kematian dan siksa kubur yang mampu menggetarkan peserta sehingga tangis haru dan ketakutan dirasakan saat itu. Acarapun ditutup dengan suasana haru, guru dan murid saling bersalam-salaman, siswa mohon doa restu dan meminta maaf kepada seluruh guru yang hadir diruangan saat itu.

Pukul 22.00 WIB acara di akhiri. Dan seluruh peserta diminta memasuki asrama untuk istirahat, karena hari ini adalah pengalaman pertama mereka tidur dan menginap diluar rumah (disekolah) yang bisa jadi kondisinya berbeda dengan dirumah, hal ini tetap merupakan pembelajaran yang efektif walaupun ada pula dampak yang kurang menguntungkan terjadi, para peserta cenderung memilih mele’an dan akhirnya pagi mengantuk dan tidak total berkegiatan belajar dan ibadah.

Dini hari, Minggu, 26 Februari sekitar pukul 02.00 WIB, terdengar gaduh oleh suara-suara canda dan ngobrol peserta yang antri masuk kamar mandi, sontak Kepala Sekolah bangun dan menegur mereka dan menjaga agar mereka istirahat dulu, akan tetapi sekitar pukul 03.00 WIB peserta diajak melakukan Sholat Lail berjamaah dengan guru dan memohon kepada Allah agar diberi kekuatan menghadapi UN. Kemudian istirahat sebentar menunggu adzan Shubuh dan dilanjutkan lagi dengan sholat shubuh berjamaah. Setelah sholat shubuh, Ustad Akhwan Hamid, selaku Imam, memberikan tausiyah sekitar 1 jam. dan setelah ceramah, isi materi yang disampaikan dijadikan tugas rangkuman untuk nilai Al Islam dan dikumpulkan besok senin, 27 Februari 2012. Serasa disambar petir, peserta yang banyak sedari tadi ngantuk dan tak konsentrasi menjadi bingung dan bertanya-tanya. Apa isi nya tadi ? dan dipeserta putri ada insiden kehilangan HP tapi akhirnya bisa diselesaikan (ditemukan).

Pesertapun bersiap diri berganti kostum olah raga untuk melakukan Jalan Sehat bersama siswa kelas VII dan VIII lainnya yang sudah hadir di depan sekolah. Barisan pun segera diatur dan ditertibkan. Agenda Jalan sehat ini telah menjadi agenda rutin tahunan sebagai ajang promosi sekolah disekitar Dupak Bandarejo dan sekitarnya. Rombongan pun menyusuri beberapa wisma lokalisasi yang memang sudah terkenal, di Surabaya. dan mengikuti arah Dupak Bandarejo tembus Dupak–Demak lalu kembali ke sekolah. Beberapa anak dihukum karena tidak memakai atribut sekolah sesuai peraturan.@

GALLERY PHOTO :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s