Teacher Training Seminar yang diselenggarakan oleh PT. ASTA Ilmu Sukses sebagai anak perusahaan Mentari Books Indonesia Holding, mengundang para pendidik dan guru bahasa Inggris SMP se kota Surabaya, untuk hadir di acara tersebut yang diselenggarakan pada hari sabtu, 18/2/2012 bertempat di Hotel Bumi Surabaya, Gajah Mada Room Jl. Jend. Basuki Rakhmat Surabaya, dengan tema Learning English Through Action Oriented Approach, dengan menghadirkan para pakar English Trainer, Mr. Todd Cordy dari Cambridge ESOL Speaking Examiner sekaligus Academic Manager from Melbourne Institute of Language Studies (MILS) Jakarta, bersama Ibu Hafilia R. Ismanto, selaku Academic Director of LIA Language Center.

SMP Muhammadiyah 11, mengirim perwakilan guru bahasa Inggris, Bapak Yudi Mahendrajan untuk mengikuti seminar yang diikuti oleh sekitar ratusan peserta dari berbagai sekolah. Acara yang dimulai sejak pukul 13.00 – 17.00 WIB diawali dengan Registrasi dan Opening Remarks by PT. Asta Ilmu Sukses yang memperkenalkan sekaligus mempromosikan produk-produk buku diktat Bahasa Inggris yang diterbitkan oleh Mentari Books Indonesia, yang sarat dengan aktivitas belajar yang lebih comprehensive, dan terbagi dari bermacam diktat mulai buku praktek, worksheet, diktat guru dan masih banyak lagi.

Menurut Mr. Yudi, presentasi materi secara penuh menggunakan komunikasi berbahasa Inggris, dan tanpa penterjemah, akan tetapi bagi beliau tidak ada kesulitan karena pemaparan materi oleh Narasumber yang professional sangat renyah menuturkan dengan vocabulary yang mudah dipahami. Ditambah lagi, presentasi audio visual materi buku yang di slide kan, memudahkan, peserta yang kesulitan dalam listening communication, menjadi lebih mudah mengerti dan Ngeh.

Dalam pemaparan materinya, Mr. Todd Cordy menjelaskan yang pada intinya Menghantarkan aktifitas komunikasi bahasa inggris pada siswa sebenarnya tidak sulit, khususnya ketika para guru mengajar dengan penuh perencanaan dan menggunakan metode pendekatan bermain. Beliau menjelaskan pula arti dari Action-Oriented Approach, yaitu Terfokus mengajar bahasa Inggris pada siswa, dengan memperhatikan proses dan output hasil belajar yang diharapkan. Artinya Pendekatan praktis kegiatan belajar dalam kontek situasi sehari-hari.

Ditambahkan oleh Todd, bahwa murid harus sadar 100% dengan tujuan aktivitas belajar dikelas yang dirancang oleh sang guru. Karena siswa pasti akan tidak berminat dan tidak termotivasi apabila materi yang disajikan jauh dari manfaat dan kemudahan untuk dipraktekan dalam keseharian siswa.  Buat tujuan pembelajaran lebih jelas dengan menggunakan “Can You ….. ? Tegas Cordy. Dipenutup pembicaraannya para guru diminta untuk mengijinkan siswa agar bermain peran dan memfasilitasi siswa dalam eksplore bebas tanpa disalah-salahkan dulu, ketika mereka mau ngomong/speaking.

Setelah itu brake beberapa waktu, peserta dimanjakan dengan snack, tea and coffe dan dapat pula menikmati pameran terbatas buku-buku diktat bahasa Inggris yang best seller serta peralatan belajar yang lebih modern dan memudahkan guru dalam mengajar menggunakan peralatan software dan multimedia. Dan yang pasti, harganya standart dan hari ini penuh dengan diskon khusus bila berminat beli dalam jumlah besar.

 Disesi Mrs. Hafilia R. Ismanto, senada dengan Todd Cordy. Beliau juga lebih renyah dalam memaparkan materi menggunakan bahasa Inggris. Yang pada intinya mengingatkan bahwa untuk Evaluasi belajar, tidak harus dilakukan pada akhir semester, akan tetapi bila memungkinkan, lakukan hal itu di setiap selesai pelajaran beri evaluasi dan tidak harus dengan lembar-lembar worksheet, melainkan bisa di evaluasi dari kemampuan conversation / speakingnya, listeningnya dan lain-lain aspek ketrampilan diluar kognitif. Disini Mrs Ismanto, banyak mengeksplore cara-cara mengajar yang efektif menggunakan media dan alat belajar dari produk-produk yang dipasarkan hari ini, khususnya Media belajar produksi dari Mentari Book Indonesia.

Disesi terakhir, peserta diberi kesempatan untuk bertanya jawab, menggunakan bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia. Dan sekitar pukul 17.00 WIB acara diakhiri dengan sesi photo bersama narasumber, Pak Yudi pun tak mau meninggalkan moment ini. Merupakan suatu kebanggaan buat beliau dapat pengalaman baru dan materi yang lebih terfokus pada anak menggunakan Can you …. Speak English?.. Bravo Bahasa Inggris. (@)

GALLERY PHOTO :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s