Studi Wisata atau yang dikenal dengan Widya Wisata SMP Muhammadiyah 11 di Kebun Raya Purwodadi Pasuruan dan ke Museum Brawijaya Malang pada hari Selasa (20/12/2011) diikuti oleh sekitar 300 siswa dari kelas VII – Kelas IX, dan 30 pendamping dari Guru dan karyawan, bertujuan untuk melatih siswa belajar mandiri melalui observasi, pencatatan dan tindakan langsung (learning by doing and searching).

Kegiatan yang langsung dikomandani oleh Kepala Sekolah, Ustad Akhwan Hamid, S.Ag. sebelum berangkat dilakukan upacara pelepasan oleh panitia dan sambutan dari kepala sekolah dengan pesan agar anak-anak mampu memanfaatkan momen belajar dan berwisata pada hari ini. Rombonganpun berangkat dengan mengendarai 5 armada Bus Pariwista pada pukul 08.00 WIB dan langsung meluncur ke lokasi kebun raya Purwodadi.

Setiba dilokasi, seluruh siswa dikondisikan berkelompok dan berbaris rapi di hamparan halaman kantor kebun raya yang kebetulan berhadapan langsung dengan restoran. Sejenak Koordinator Lapangan seperti diantaranya Pak Qohar, Pak Rochim dan Pak Ali, menghimbau pada anak-anak agar bisa tertib dan disiplin mengikuti materi penjelasan tentang seputar tanaman oleh tim instruktur dari KRP.

Sesaat kemudian anak-anak diberi pengantar pembekalan materi yang cukup panjang, sekitar setengah jam, dan setelah itu seluruh siswa langsung  diterjunkan melihat jenis-jenis tanaman yang dikembang biakan disini secara berkelompok dan tiap kelompok didampingi oleh guide dari KRP. Setelah sekitar 1 jam-an, seluruh peserta widyawisata kembali ke bis, dan melanjutkan perjalanan menuju Museum Brawijaya Malang.

Siang itu cuaca cukup gelap diiringi hujan deras, bus terus melaju, dan tiba di lokasi saat hujan sudah reda. Anak-anakpun melakukan makan siang terlebih dahulu sebelum memasuki museum. Selang beberapa lama, seluruh rombongan masuk dan disambutan oleh Tim Humas TNI AD, dan guide pun menjelaskan seputar benda, gambar, alat dan tempat, serta foto-foto pimpinan KSAD. Sekitar 1 jam penjelasan dari pemandu, anak-anak dipersilakan bebas melihat-lihat koleksi sejarah, benda dan lain-lain. Beberapa anak tidak lupa memanfaatkan momen ini dengan berfoto bersama berlatar foto, meriam dan sejata.

Setelah melakukan studi wisata, rombonganpun mohon ijin pulang untuk kembali ke Surabaya. dan sebelum pulang, rombongan mampir dulu di Masjid Chengg Hoo Pandaan, guna menunaikan sholat dan berbelanja. Tampak raut muka anak-anak yang masih riang walau sebenarnya mereka letih belajar pada hari ini. @

GALLERY PHOTO :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s