Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) SMP Muhammadiyah se Surabaya bersama sekretaris PDM kota Surabaya selama 4 hari sejak tanggal 30 Oktober – 2 November 2011 melakukan studi banding di Malaysia dan Singapore.  Kegiatan ini bertujuan untuk melihat lebih dekat bentuk pelayanan dan menejemen di sekolah negeri dan swasta favorit disana.  Diantara rombongan kepala sekolah yang berangkat adalah Ustad Akhwan Hamid, S.Pd. mewakili SMP Muhammadiyah 11, yang membagikan ceritanya selama melakukan lawatan disana.

Ustad Akhwan merasa bersyukur dan tidak menduga dapat melakukan perjalanan Studi Banding ke Malaysia dan Singapore,  dan sesuai jadwal yang ada, keberangkatanan dari Surabaya dijadwalkan pada hari Ahad, 30 oktober 2011 dengan berkumpul di Bandara Juanda pada pukul 04.30 WIB. Dan sekitar 1 jam perjalanan pesawat, sekitar pukul 05.30 WIB, rombongan telah sampai di Bandara Kuala Lumpur dan perjalanan dilanjutkan dengan Bis menuju pusat kota menelan waktu sekitar 3,5 Jam. Sesampai di Kuala Lumpur, rombongan diantar rekreasi menuju Dataran Merdeka, Pabrik Coklat, Twins Tower dan Istana Raja Malaysia. Kesan yang ada di Malaysia adalah tidak banyak menjumpai Sepeda Motor selama tiga hari hanya menjumpai 2 kali ada sepeda motor, seluruhnya bermobil roda 4, tidak menjumpai ada Polisi berseragam dinas, tetapi masyarakatnya selalu patuh dan tunduk pada undang-undang yang ada , kesadaran hukum cukup tinggi, bahkan para penumpang Bis selalu membaca buku dan bahkan mengaji Al Qur’an, penduduk Malaysia seluruhnya 28 juta jiwa.

Pada hari kedua, Senin, 31 Oktober 2011, setelah sarapan pagi, rombongan diantar menuju SMK (Sekolah Menegah Kebangsaan) Aminudin Baki Secondary School of Kuala Lumpur, kalau di Indonesia Sekolah Negeri, yang berprestasi tinggi. Di Malaysia ada 9 Negara Bagian (9 Provinsi) dan memiliki 20 Sekolah berprestasi tinggi. Di SMK Aminudin Baki ini seluruh Guru dan Karyawannya adalah perempuan, pola kerjanya sangat cekatan dan bersemangat tinggi. Rombongan K3S diterima dengan begitu semarak, dengan penampilan budaya tari, lagu dan puisi dari siswa-siswinya. Di Sekolah ini jumlah siswanya ada 1.206 orang dan disediakan pondok bagi siswa wanitanya. Di Sekolah ini seluruh kepala sekolah SMP Muhammadiyah se Surabaya menanda tangani MOU kerjasama berupa, pertukaran pelajar, magang guru, sister school dan lain-lain. Termasuk SMP Muhammadiyah 11 turut menandatangani MoU tersebut . Yang dapat kita contoh dari sekolah ini adalah kerjakeras semua warga sekolah serta kedisiplinannya sangat tinggi, baik siswa terlebih lagi guru dan karyawannya,  dan yang luarbiasa adalah peran serta komite sekolah dan walimurid sangat bagus.

Setelah dari SMK Aminudin Baki rombongan melanjutkan perjalanan ke Adni International private school (Sekolah Islam Adni), disana ditemui langsung oleh Pemilik pendiri dan sekaligus Kepala Sekolah (Prinsipel) Bpk. Hasni, beliau adalah orang Indonesia Lulusan Pondok Gontor. Kurikulum di Sekolah Islam Adni menggunakan Integrated Holistic System, tidak berdasar umur tetapi berdasar kompetensi diri. Sistem yang digunakan sudah menyebar ke berbagai Negara, sebagai seorang guru disini harus jadi model bagi siswa. Sebelum mengajar di kelas, apabila ada guru baru, maka diterapkan training terlebih dahulu. Di Sekolah ini juga seluruh Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah se Surabaya menanda tanagani MoU dalam bentuk  pertukaran pelajar, magang guru, sister school.

Pada hari ketiga, Selasa 1 November 2011 perjalan dilanjutkan ke Malaka yang diteruskan ke Singapore via Johor Secondlink, selama perjalanan dari Kuala Lumpur ke Singapure naik Bis menelan waktu 5 jam, begitu masuk kota di Singapore, kantor imigrasinya sangat ketat, setiap orang diperiksa satu per satu. Kesan pertama berada di Singapure adalah kedisiplinan dan kepatuhan masyarakat pada peraturan sangat tinggi, lingkungan kotanya bersih, dan dikenal suka memberantas penyakit KUDIS, KURAP, KUTIL dan KUMAN (Kurang disiplin, kurang rapi, kurang teliti dan kurang managemen).

Singapore adalah Negara kecil penduduknya hanya 5,1 Juta jiwa, miskin kekayaan alam tetapi kaya teknologi. Untuk mendisiplinkan masyarkatnya pemerintah selalu memasang CCTV, di setiap sudut jalanan untuk merekam setiap ada kejadian, dan disini tidak terlihat polisi yang mengawasi masyarakat, akan tetapi tidak satupun tindakan kejahatan yang tidak tertangkap kamera CCTV, maka bila ada orang yang melanggar seperti membuang sampah sembarangan, langsung esoknya datang petugas untuk memberikan sangsi hukuman, karena Singapore Negara Kapitalis, maka semua hukum selalu dihubungkan dengan uang, jadi semua hukuman dengan denda, kalau tidak bisa bayar denda atau tidak mau bayar denda baru masuk penjara.

Kesan lain yang beliau ungkapkan adalah mengenai rumah penduduk, masyarakat tidak ada yang seperti di Indonesia memiliki tanah yang luas, kebanyakan masyarakat tinggal di apartemen karena untuk hemat lahan (tanah), komentarnya, “Singapore, Hebat” (dalam tanda petik).  Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju pulau Sentosa, disini merupakan pusat keramaian dan hiburan terlengkap, seperti pertunjukan kembang sinar laser perpaduan antara semburan air dengan sinar laser yang begitu indah dan bagus.

Pada hari terakhir, Rabu 2 November 2011 sekita pukul 08.00 WIB, rencananya akan berkunjung ke Sekolah Islam Al Junied Singapore, tap dibatalkan karena saat itu ada pemeriksaan (Ujian Nasional), lalu dilanjut ke Sekolah International Kaplan sekitar pukul 09.00, di Sekolah Kapalan ini rombongan diterima oleh Bu Keron dengan baik, ramah dan santun. Sekolah ini sekolah international, lebih cepat  dari SMA karena bisa langsung Diploma, kemudian sekitar pukul 10.00 keluar dari Kaplan menuju New Water, yaitu pusat pengolahan air di Singapura. Sekitar pukul 15.00 rombongan menikmati indahnya perjalanan bawah tanah dengan mengendarai kereta bawah tanah, menuju Changi Airport, dan balik pulang ke Indonesia. sampai di Bandara Juanda tepat pukul 23.30 WIB.

GALLERY PHOTO :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s